Budidaya rumput laut usaha yang potensial

Rumput laut adalah atau sea weeds secara ilmiah dikenal dengan istilah alga atau ganggang. Rumput laut termasuk salah satu anggota alga yang merupakan tumbuhan berklorofil.

Manfaat Rumput Laut


1. Karena kandungan gizinya yang tinggi, maka mampu meningkatkan sistem kerja hormonal, limfatik, dan juga saraf

2. Kandungan yodiumnya diperlukan tubuh untuk mencegah penyakit gondok

3. Kandungan klorofil rumput laut bersifat antikarsinogenik, kandungan serat, selenium dan seng yang tinggi pada rumput laut dapat mereduksi estrogen. Disinyalir level estrogen yang terlalu tinggi dapat mendorong timbulnya kanker, sehingga konsumsi rumput laut memperkecil resiko kanker bahkan mengobatinya.

4. Kandungan vitamin C dan antioksidannya dapat melawan radikal bebas

5. Kaya akan kandungan serat yang dapat mencegah kanker usus besar, melancarkan pencernaan, meningkatkan kadar air dalam feses

6. Baik untuk diet, mengurangi resiko obesitas, serat pada rumput laut bersifat mengenyangkan dan kandungan karbohidratnya sukar dicerna sehingga akan menyebabkan rasa kenyang lebih lama.

7. Mengandung kalsium sepuluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan susu, sehingga rumput laut sangat tepat dikonsumsi untuk mengurangi dan mencegah gejala osteoporosis.

8. Rumput laut digunakan sebagai obat tradisional untuk batuk, asma, bronkhitis, TBC, cacingan, sakit perut, demam, rematik, bahkan dipercaya dapat meningkatkan daya seksual. Di Cina, rumput laut juga biasa digunakan untuk pengobatan kanker. Tingginya tingkat konsumsi rumput laut berhubungan dengan rendahnya insiden kanker payudara pada wanita di negara tersebut. Hal itu disebabkan oleh kandungan klorofil rumput laut yang bersifat antikarsinogenik, karena kandungan vitamin C dan antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas. Rumput laut bermanfaat untuk memperpanjang usia dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Dengan keterangan diatas dengan banyaknya manfaat dari rumput laut, kami berdua Davit Andespin, Sisra ismail kembali mencoba mengembangkan budidaya rumput laut di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumbar.

Saat ini kami berdua aktif mengembangkan rumput laut didesa kami dengan target kami yaitu membuka kembali peluang usaha ekonomi masyarakat untuk berpindah kebudidaya rumput laut disamping pekerjaan pokok masyarakat adalah nelayan tradisional ( jaring apung, pukat tepi, dan memancing ikan ) yang saat ini sudah tidak menjanjikan lagi untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari - hari, oleh karena itu kami mencoba untuk mengajak masyarakat nelayan didesa kami mau berpindah untuk membuka peluang usaha kebudidaya rumput laut ini.

Sampai saat ini kami sudah mempunyai tiga keramba rumput laut dengan volume 50 x 5 meter dan mempunyai 160 titik bibit x 3 yang sudah kami kembangkan, dan setiap harinya kami selalu melakukan perawatan dan pengawasan selama 4 jam sehari, pengadaan keramba dan bibit ini kami danai oleh dana pribadi kami masing - masing.

Dengan proses kerjanya yang sangat ringan dan tidak merepotkan dengan rutin melakukan monitoring, dalam waktu 45 hari kedepan tidak adanya rintangan kami akan melakukan panen perdana dan sekaligus memberikan bukti kepada masyarakat bahwa membuka peluang usaha budidaya rumput laut tidaklah sulit, dan kami berharap masyarakat nelayan didesa kami mau mencobanya.

Dan kami juga berharap kepada pemerintah daerah untuk bisa menjadikan desa sungai pinang menjadi desa penghasil rumput laut di sumatra barat karena di sepanjang pesisir laut desa kami adalah pesisir yang sangat potensial dalam pengembangan budidaya rumput laut.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menangkap ikan dengan Kapal Bagan

Secangkir kopi di Pesona Manjuto

Pengolahan sampah plastik menjadi bahan bakar minyak BBM